Istigfar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam



بسم الله الرحمن الرحيم 


الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و على آله و صحبه أجمعين, أما بعد  


Saudara dan Saudariku yang dirahmati Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah imam para rasul dan qudwah bagi sekalian alam. Meskipun sudah ditetapkan mendapat jaminan ampunan atas dosa-dosanya, (namum) tetap saja lantunan istighfar membasahi lisan beliau, begitu tinggi frekuensinya. 

Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dari Sahabat Aghar al Muzani Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

وَإِنِّيْ لَأَسْتَغْـفِــرُ اللهَ فِيْ الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ أخرجه مسلم

"Dan sesungguhnya aku sungguh-sungguh beristighfar (memohon ampunan) kepada Allah dalam saatu hari sebanyak seratus kali." [HR Muslim no. 2702]

Para sahabat pernah menghitung jumlah istighfar yang beliau ucapkan dalam suatu (majlis), (dan) ternyata jumlahnya sangat banyak. Imam Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Ibnu 'Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata: "Dalam satu majlis, kami pernah menghitung ucapan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: 

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

'Rabbighfirli watube 'alaiyya innaka Anta tawwabur-Rahim' (Ya, Rabbku. Ampunilah aku dan terima taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat dan Maha Penyayang)' sebanyak seratus kali." [Ash-Shahihah, 556].

Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu anhu juga pernah mengisahkan:

ماَ رَأَيْتُ أَحَداً أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يَقُوْلَ ْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Aku tidak pernah melihat orang yang lebih banyak melantunkan

أَسْتَغْـفِــرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

'Astaghfirullah wa atubu ilaik' daripada Rasulullah." [HR an-Nasaa-i, as-Sunan al Kubra no. 10288 dan Shahih Ibnu Hibban no. 928].

Adapun lafazh istighfar yang paling afdhal, yaitu lafazh yang lebih dikenal sebagai sayyidul istighfar. Merupakan bagian dari dzikir pagi dan sore yang disyariatkan untuk dibaca. Konsistensi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam beristighfar tidak pernah putus, bahkan sampai pada detik-detik akhir ajal beliau. Di saat yang sangat genting itu, beliau mengulang-ulang ucapan : 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَأَلْحِقْنِي بِالرَّفِيقِ الْأَعْلَى أخرجه البخاري

"Ya, Allah. Ampunilah aku, kasihilah aku dan tempatkanlah aku ke tempat yang tinggi." [HR al Bukhari no. 4440]. 

Dalam hadits di atas, terdapat isyarat bahwa Nabi secara terus-menerus melakukan istighfar dalam setiap waktu dan keadaan, sampai akhir hayat beliau. Sebagaimana beliau selalu menutup amal-amal shalihnya dengan istighfar -seperti shalat, haji, qiyamullail-, maka beliau menutup kehidupannya dengan istighfar pula. 

Begitulah Rasulullah. Meskipun beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam sudah mendapat jaminan diampuni dosa-dosanya, namun beliau tetap beristighfar dan bertaubat kepada Allah Azza wa Jalla.

Kehebatan Istighfar

Diantara kehebatan Istighfar ialah sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu Alahi Wa Sallam

وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

"Dan tidaklah (pula) Allah akan mengadzab mereka, sedang mereka meminta ampun." [al-Anfâl/8:33]

Itu adalah satu dari sekian ayat yang menunjukkan betapa pentingnya istighfar, berperan menjadi penangkal balak.

Dalam hadits, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah memastikan keberuntungan besar akan digenggam oleh orang yang banyak beristighfar. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Keberuntungan bagi seseorang yang menjumpai banyak istighfar di lembar catatan amalannya." [Shahîhul Jâmi' no. 3930]

Dari az-Zubair Radhiyallahu anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa ingin agar lembar catatan amalannya menceriakannya, hendaknya ia memperbanyak istighfar di dalamnya". [Shahîhul Jâmi': 10899]

Dalam hadits lain, beliau menambahkan perihal keutamaan dzikir yang satu ini. Dari Bilaal bin Yasaar bin Zaid rahimahullah dari ayahnya dari kakeknya, ia mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata : Barang siapa berkata:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

'Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada ilaah yang berhak disembah selain-Nya, al-Hayyul Qayyûm dan aku bertaubat kepada-Nya' niscaya akan diampuni. meskipun ia melarikan diri dari medan peperangan."

Perlu diingat bahwa istighfar yang berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu lantunan yang dibarengi dengan meninggalkan perbuatan dosa dan kesalahan, tidak malah kontinyu melakukan kesalahan demi kesalahan (ishrâr). Saat itulah disebut telah terealisasikan taubat nashuha yang akan berguna dalam menghapus perilaku-perilaku yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Islam. 

Maka selayaknya seorang muslim meneladani Rasulullah, selalu membasahi lisannya dengan dzikir dan istighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

[Sumber: Fiqhul-Ad'iyah wal-Adzkar karya Prof. Dr. Abdur Razaq bin Abdul-Muhsin al Badr]

Editor : Admin Permata Sunnah

Silahkan disebar kiriman ini, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah. Jazakumullahu Khairan.

Grup Dakwah Permata Sunnah Sidrap :
# Blog: artikel-permatasunnah.blogspot.com
# WA: 085255343898
# Telegram: telegram.me/permatasunnah
# Fans Page (FB): Permata Sunnah Sidrap

0 Comments In "Istigfar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam"